Langsung ke konten utama

12 Potret kehidupan anak dari ruang tidur di berbagai dunia

Bertanggung jawab terhadap pemenuhan segala kebutuhan anak, merupakan tugas sebagai orang tua. Tetapi nyatanya, tak semua itu sejalan dengan keinginan. Jika  sebagian anak memiliki kehidupan yang  layak, tetapi tak sedikit dari mereka yang harus hidup dalam keterbatasan.  Nasib memang berkata lain. Begitu banyak anak di dunia ini yang memiliki jalur hidup yang teramat berbeda. Mulai dari tempat tinggal, atau kehidupan sehari-harinya.
Hal ini lah yang membuat seorang fotografer bernama James Mollison tergerak untuk menyelusuri kehidupan anak di beberapa negara.   Bahkan ia telah berkeliling dunia untuk bertemu budaya yang berbeda dan mengobservasi kehidupan anak dari setiap negara. James membuat sebuah dokumentasi kehidupan anak dari ruang tidur mereka, baik itu ruang kamar, hingga kasur yang mereka pakai. Bahkan foto wajah mereka  sekarang sudah menjadi bagian dari bukunya yang berjudul “Where Children Sleep”.  Bagian dari foto tersebut telah kami himpun dalam potret kehidupan anak yang dilihat dari tempat tidurnya.


1. Indira (7), Nepal
Seorang gadis berumur 7 tahun asal Nepal,  hidup dalam satu kasur. Ia harus berbagi satu-satunya kasur  di rumah itu bersama kedua adiknya.  Sejak umur 3 tahun, Indira sudah membantu meringankan ekonomi keluarga, dengan bekerja  6 jam sehari pada tambang granit di Nepal.  Mimpi sang anak adalah menjadi seorang penari.







2. Kaya (4) Tokyo, Jepang
Gadis ini hidup bersama orang tuanya di sebuah apartemen kecil, dimana ia memiliki banyak gaun, jas, rambut wig, dilengkapi dengan  ratusan boneka yang terpajang di kamarnya. Ketika besar nanti, ia bermimpi menjadi seorang pengarang komik.







3. Dong (9), China Selatan
Dong berbagi ruang kamar dengan keluarganya. Ia hobi bernyanyi dan menulis. Di malam hari, Dong senang menonton tv dan melakukan beberapa pekerjaan rumah. Mimpinya adalah menjadi seorang polisi.







4. Joey (11), Kentucky, Amerika Serikat
Ia adalah seorang pemburu cilik. Joey memiliki 2 senapan dan panah otomatis. Sejak kecil ia sering ikut berburu bersama ayahnya. Dan ketika ia berusia 7 tahun, untuk pertama kalinya Joey menembak jatuh seekor rusa.  Selain itu, ia suka memelihara Hewan kadal. Hewan tersebut sering menemaninya saat menonton tv di malam hari.







5. Jasmine (4)  Kentucky, Amerika Serikat
Jasmine hidup dengan kemewahan. Ia tinggal bersama keluarganya di sebuah rumah besar. Ruang kamar nya pun terlihat begitu elegan untuk seorang gadis yang baru berumur 4 tahun.  Sejak kecil, Jasmine sudah banyak mengikuti beberapa kontes kecantikan anak dan telah memenangkan banyak hadiah.







6. Lamine (12), Senegal
Berbagi ruang bersama anak laki-laki lainnya, Lamine musti tidur dengan kasur yang beralas batu bata.  Ia bekerja setiap hari  selama enam jam, di mana ia belajar bagaimana cara berpanen, menggali dan membajak. Selain itu, pada sore hari kegiatannya ialah mempelajari Al-Quran.







7. Thais (11), Brazil
Berbagi kamar tidur dengan kakaknya, seorang anggota geng ghetto. Ketika ia tumbuh dewasa, ia ingin menjadi model seperti banyak gadis Brazillian.






8.Roathy (8), Kamboja
Rumah dan kasurnya  ditempatkan pada tempat sampah, bahkan tempat tidurnya pun terbuat dari ban bekas. Sarapan pagi adalah jatah makan yang hampir ia dapatkan setiap hari.  Ia mandi dengan anak lainnya di sebuah pusat amal lokal  setiap jam enam pagi,  lalu keluar  untuk  mencari kaleng dan botol plastik yang akan ia jual ke perusahaan daur ulang.






9.Jamie (9), New York
Tinggal di sebuah penthouse di 5th Avenue. Mimpi sang anak adalah menjadi seorang pengacara seperti ayahnya, sebab itu ia pergi ke sebuah sekolah bergengsi di mana ia mempelajari keuangan. Ia juga mengambil kelas kursus judo dan renang.






10. Douha (10), Tepi Barat, Palestina
Tinggal di sebuah kamp pengungsi dengan 11 saudara kandungnya, dan berbagi ruang tidur dengan lima saudara perempuan. Kakaknya bunuh diri dalam serangan bunuh diri di Israel.






11. Nantio (15) , Kenya
Nantio merupakan seorang anggota suku Rendille. Ia tinggal di sebuah tenda yang terbuat dari kulit caddle dan plastik. Tugasnya setiap hari adalah  memelihara kambing dan memotong kayu.





12. Seorang Anak Gelandangan, Roma, Italia
Anak ini tidak memiliki rumah tinggal.  Mereka hanya hidup diluar dengan bermodalkan kasur dan selimut yang lusuh. Ia dan keluarga sama sekali tidak memiliki surat-surat identitas, sehingga pekerjaan nyata pun sulit mereka dapatkan.  Orang tuanya hanya seorang pembersih kaca jendela mobil dan anak ini tidak memiliki pendidikan. (**)






Sumber : awesomenator.com, uniknya.com, Juni 2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rambut lucu dan aneh pemain sepak bola

Ada yang gaya rambutnya mirip sarang tawon, rambut singa sampai mirip Hanoman. Siapa saja? Rambut kuncir milik mantan bek Inter Milan dan Nigeria Taribo West.  

10 Spesies baru dengan bentuk unik di dunia

1. Sea Pig Sea Pig erat kaitannya dengan teripang, bagian dari Animalia. Panjangnya sekitar 4 inci, memiliki 10 tentakel seperti kaki yang digunakan untuk berjalan dan mencari makan di dasar laut.

5 Situs sejarah yang berhantu