Langsung ke konten utama

Menelusuri laptop Asus A455L!

Halo! Postingan blog kali ini berisi tentang menelusuri laptop yang gua punya!

ASUS A455L dibekali dengan CPU Intel Core i5, RAM 8 GB, Storage 500GB , dan CD Rom internal yang rusak. Berbekal laptop dengan spesifikasi sederhana ini, gua bisa melakukan banyak hal dan berkreasi semaunya.

Nah kita oprek aja langsung ya 'kesayangan' gua ini.

Pertama kita tekan "Windows + R " lalu ketik "dxdiag" untuk melihat spesifikasi lengkap dari laptop ini.

Sebelumnya, ada 3 bagian yang bakal dibahas di postingan kali ini, yaitu : Output device, Input device, Storage unit, dan Proses device.

A. Output device

1. Monitor
Bisa kita lihat disini , display yang digunakan sudah full HD dengan resolusi 1366 x 768 dilengkapi dengan VGA Intel HD Graphics. Layar monitor enak untuk dilihat untuk kegiatan sehari-hari. Layar dari laptop ini bersifat 'glossy' sehingga dapat menangkap bayangan dari wajah kita. Dengan pemasangan pelapis 'anti-glare' mungkin dapat mengatasi masalah ini untuk kalian yang ingin mendapatkan privasi lebih ataupun tidak merasa terlalu silau saat menggunakan laptop ini.


2. Speaker

Speaker yang digunakan adalah speaker bawaan laptop (Connexant Smart Audio HD) standar sesuai laptop pada umumnya. Speaker terletak di bagian bawah sehingga tidak terang-terangan kelihatan pada laptop, penempatannya cukup ciamik dan menimbulkan kesan 'compact' dari laptop ini.

B. Input device


Nah disini kita bisa lihat input devices yang terdapat di laptop ini, di sana tertulis :
1. Keyboard
2. Mouse
3. Touchpad

3 devices ini sangat berperan penting dalam pengoperasian laptop. Saya cenderung menyukai untuk menggunakan mouse external, karena touchpad yang digunakan terlalu lama dapat membuat touchpad terlihat seperti 'berlemak' . Touchpad ini berfungsi sebagai penunjuk arah command yang bisa dikostumasi di Control Panel, ada beberapa pengaturan yang dapat diubah diantaranya :

a. Button Configuration : Kalian dapat meubah left click dan right click untuk menyesuaikan dengan tangan dominan anda (kidal atau kanan)

b. Double Click Speed : Fungsi ini mengatur kecepatan kalian saat menjalankan program dengan menekannya dua kali

c. Motion : Fungsi ini mengatur kecepatan dalam pergeseran kursor

Keyboardnya juga cukup enak untuk kegiatan ngetik-mengetik. Seperti halnya dengan mouse, keyboard pun dapat dikostumisasi, adapun setting yang bisa dikostumisasi diantaranya : 

a. Speed : Kalian dapat mengatur kecepatan pengulangan huruf dengan menggunakan key di keyboard.

b. Cursor blink rate : Kalian dapat mengatur kecepatan blink cursor saat mengetik


C. Process device.

1. Processor
Dengan dapur pacu Intel Core i5 , laptop ini mampu melesat cukup laju, dengan clock hingga 2,4 ghz. Sehingga, tidak perlu diragukan lagi untuk kecepatan dari laptop ini.

D. Storage uniti

1. Harddisk
Harddisk dengan kapasitas 500GB telah terpartisi menjadi 2 bagian yaitu bagian C dan D. Bagian C dikhususkan untuk program yang terinstall dan bagian D untuk data sehari-hari. 

2. RAM

RAM 8 GB yang terpasang cukup lega untuk melakukan banyak hal di laptop ini, dengan penambahan sebuah kepingan RAM 4GB yang pada bawaan laptop yang hanya 4 GB maka laptop ini mampu diupgrade RAMnya menjadi 8GB.


Overall, laptop ini cocok untuk digunakan dan direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan kuliah atau sekolah, ataupun penggunaan rumahan/kantoran. Tetapi, tidak begitu bagus untuk digunakan bermain game kelas berat mengingat spesifikasinya yang kurang mumpuni untuk hal itu.

Demikian spesifikasi dari laptop Asus A455L dengan pembahasan sesuai dengan 3 kategori input, output , dan process devices nya . Semoga bermanfaat .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rambut lucu dan aneh pemain sepak bola

Ada yang gaya rambutnya mirip sarang tawon, rambut singa sampai mirip Hanoman. Siapa saja? Rambut kuncir milik mantan bek Inter Milan dan Nigeria Taribo West.  

10 Spesies baru dengan bentuk unik di dunia

1. Sea Pig Sea Pig erat kaitannya dengan teripang, bagian dari Animalia. Panjangnya sekitar 4 inci, memiliki 10 tentakel seperti kaki yang digunakan untuk berjalan dan mencari makan di dasar laut.

5 Situs sejarah yang berhantu