Langsung ke konten utama

[Tugas 4 Penkom] Aplikasi Pengolah Data

Pertama-tama , kemarin ada yang protes dengan bahasa dari postingan-postingan lalu yang saya gunakan. "Kaku banget han, kaya baju baru" , "Lebih enak pake bahasa yang deket dengan pembaca han" , dan lain sebagainya . Oke, gue pake bahasa yang menurut gue enak dibaca aja ya . Kalo kurang setuju, komen aja di bawah, pasti dipertimbangkan kok sarannya.

Oke , kali ini gue kurang srek aja sama judul yang gue buat, ya mau gimana lagi, tugas penerapan komputer kali ini harus sesuai dengan format yang diberikan oleh asprak G6.2 tercinta the only and only Kak Nab.

Kali ini, gue bakal sharing tentang aplikasi pengolah data nih . Siapa sih yang ga kenal Microsoft Word dengan segala macam kemudahan yang diberikan? Nah, mungkin banyak dari kita yang sering menggunakan tapi jarang mengetahui tips dan trik yang terdapat di aplikasi ini. Kali ini gue bakal bagikan beberapa hal yaitu : Mail merge, membagi halaman menjadi beberapa bagian, memasukkan equation, membuat autotext, mengaktifkan spelling, dan grammar.

1. Membuat mail merge

Mail merge ini terdapat di tab "Mailings" . Kita bias temukan disana tertulis "Start Mail Merge" , karena kita akan memasukkan data-data baru yang kita inginkan, lalu kita klik "Step-by-Step Mail Merge Wizard"

s2.PNG

Disini kita dapat menentukan tipe dokumen yang akan kita gunakan. Kalian dapat memilih sesuai keinginan

s3.PNG

Mari kita simpan data-data baru dengan klik "Create"


s4.PNG
Disini kamu dapat menemukan beberapa tabel, yang sebenarnya dapat kita ubah seperlunya kita dengan klik " Customize Column "


s5.PNG

Disini kamu dapat melakukan proses pengubahan nama atau penambahan baru kolom yang kamu inginkan

s6.PNG

 Gue menggunakan beberapa tabel yang berisi data penting yang akan gue simpan nantinya.


Lalu, kita simpan datanya di manapun yang lo mau.


Untuk menggunakan data yang telah kita simpan tadi, kita dapat membukanya di tab "Mailings" lalu "Adress Block"

Dan akhirnya lo udah bisa menggunakan mail merge!
Gampang banget ga tuh?


2. Membagi halaman section

Yow mantap. Tadi kita udah belajar cara menggunakan mail merge, lalu kali ini kita bakal belajar cara untuk membagi halaman section.
Pertama-tama kita klik tab Layout > Breaks > New Page


Lalu , kita akan memberikan nomor dari tiap-tiap lembar pada dokumen kita dengan cara mengklik Insert > Page Numbers > Top of the page . Kali ini gue mau pake top of the page biar kelihatan jelas angkanya.

Kalian bisa temukan angka pada pojok kanan halaman, itu tandanya kita sudah berhasil memberi tanda halaman pada dokumen kita. Selanjutnya apabila kita telah selesai, klik aja close header yang dikolom-merah-kan.

Voila! Akhirnya lo bisa membagi halaman section dengan sentuhan yang mudah!


3. Memasukkan equation

Trik ketiga nih buat memasukkan equation. Pertama-tama kalian buka tab Insert > Equation > Lalu, pilih tipe data yang ingin kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Semua symbol udah ada tuh tersedia, tinggal kita gunakan sesuka kita dan seperlunya kita aja .

Yuhu! Mantep banget akhirnya ngetik rumus matematika yang njelimet bisa dengan mudah di Word!


4. Membuat autotext

Yow yow, masuk ke tips ke-4 yaitu membuat auto-text. Mungkin ini tutorial paling mudah ya. Pertama-tama tuliskan hal yang ingin kalian gunakan terus terusan. Misalkan disini saya menggunakan kalimat "Penkomkua"


Lalu block kalimat tersebut. Lalu, kita klik Insert> Quick Parts > Save Selection To Quick Part Gallery
Mantap ! Akhirnya kita ga perlu ngetik capek capek lagi , cukup dengan auto text, semua lancer!




5. Mengaktifkan spelling dan grammar

Fitur yang paling penting dan paling canggih nih menurut gue. Yaitu spelling and grammar checking. Sayang banget kan kalo gatau fitur keren ini. Pertama tama kalian klik File -> Options -> Proofing, silahkan kalian pilih kondisi apa aja yang kalian butuhkan di bagian "When Correcting Spelling and Grammar in Word". Lalu centang, dan tekan oke.


Akhirnyaaaaa, setelah sekian banyak tips kali ini , postingan ini selesai dan juga menandakan berakhirnya tugas gue haha. Thanks to segelas kopi yang udah menemani gue ngetik sepanjang ini malem ini. Nantikan postingan selanjutnya ya.



















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rambut lucu dan aneh pemain sepak bola

Ada yang gaya rambutnya mirip sarang tawon, rambut singa sampai mirip Hanoman. Siapa saja? Rambut kuncir milik mantan bek Inter Milan dan Nigeria Taribo West.  

10 Spesies baru dengan bentuk unik di dunia

1. Sea Pig Sea Pig erat kaitannya dengan teripang, bagian dari Animalia. Panjangnya sekitar 4 inci, memiliki 10 tentakel seperti kaki yang digunakan untuk berjalan dan mencari makan di dasar laut.

5 Situs sejarah yang berhantu